Viral, Ini Cara UI & UGM Bikin Panduan Mahasiswa Kirim Pesan ke Dosen

Viral, Ini Cara UI & UGM Bikin Panduan Mahasiswa Kirim Pesan ke Dosen
Viral, Ini Cara UI & UGM Bikin Panduan Mahasiswa Kirim Pesan ke Dosen

Hubungan dosen dan mahasiswa itu kadang bisa manis dan pedas. Terkadang, cuma urusan berkomunikasi via telepon genggam bisa menimbulkan permasalahan yang berujung pada nilai akhir mahasiswa yang bersangkutan.

Meskipun banyak dianggap sepele, menghubungi dosen dengan kalimat yang kurang pas bisa membawa masalah lho. Nama kamu di mata dosen yang bersangkutan bisa jadi jelek karena dianggap tak punya sopan santun.

Kejadian seperti itu sering terjadi di dunia kampus. Menanggapi hal tersebut, beberapa Universitas di Indonesia bahkan membuat banner secara khusus yang berisi tentang etika dan contoh yang baik dan benar dalam mengirim pesan singkat ke dosen.

Dua univeritas bergengsi di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) misalnya. Keduanya Universitas tersebut membuat pemberitahuan yang mengedukasi mahasiswanya mengenai etika mengirim pesan ke dosen yang dipajang di setiap gedung fakultas hingga terpampang di website resmi Universitas.

Beberapa waktu lalu, foto banner yang berisi etika mengirim pesan ke dosen milik UGM, tepatnya milik Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi menjadi viral di berbagai media sosial. Dalam banner tersebut terdapat 9 poin etika yang baik untuk mengirim pesan ke dosen dikutip brilio.net, Senin (12/3).

foto: istimewa
foto: istimewa

Salah satu yang menjadi sorotan dalam banner tersebut adalah, tidak boleh menggunakan kata yang singkat seperti sy, kpn, otw dll, termasuk ketika menuliskan salam juga tidak boleh disingkat ‘ass’. Wajib memperkenalkan diri sebelum masuk kepada pembahasan utama. Hal ini wajib dilakukan mengingat dosen memiliki banyak mahasiswa dan belum tentu menyimpan nomornya satu per satu.

Berbeda dengan UGM yang memiliki sembilan poin dalam mengimbau etika mengirim pesan ke dosen, UI memberikan arahan ke mahasiswa bagaimana etika mengirim pesan ke dosen dengan membuat banner yang dipasang di website resmi Fakultas Teknik.

foto: eng.ui.ac.id
foto: eng.ui.ac.id

Banner tersebut berisi tujuh etika dan diberikan contoh bagaimana sebaiknya merangkai kata yang ditujukan kepada dosen. Selain itu, banner milik UI menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris. Tak hanya terpampang dalam website, pemberitahuan tersebut juga sudah mulai tersebar di berbagai akun media sosial.

Sumber : Brilio.net

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *